Selasa, 03 April 2012

teknologi, software, dan komunikasi antar agent

siapa yang tidak pernah mendengar kata teknologi?
saya yakin semua pasti pernah mendengarnya, tapi apa pengertian sebenarnya dari teknologi?
menurut saya tidak ada pengertian yang benar-benar pas untuk menggambarkan tentang teknologi, karena itu tergantung dari aspek mana kita menilainya.
tapi secara umum, teknologi adalah suatu metode ilmiah dalam mencapai tujuan praktis; atau bisa juga diartikan merupakan perkembangan suatu media/alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.

teknologi dalam perkembangan komputer juga bisa kita lihat, dahulu bentuk dari komputer sangat besar, yang kita kenal dengan nama vacum tube, namun sekarang komputer seolah-olah sudah ada di genggaman kita semua, contohnya tablet PC.

nah perkembangan yang seperti ini, selain terjadi kemajuan dalam bentuk fisiknya, pasti juga menuntut kemajuan dari sisi software yang digunakan dalam komputer tersebut. apa sis software itu?

software adalah suatu perangkat lunak, yang merupakan istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. atau bisa juga disebut sebagai sekumpulan data elektronik yang disimpan dalam komputer.

macam-macam perangkat lunak :
- perangkat lunak aplikasi (application software). contoh : ms.word, ms.excel, open office, dll
- sistem operasi (operating sistem). contoh : windows, linux, dll.
- perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool). contoh : kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti pascal.
- pengendali perangkat keras (device driver). contoh : barcode scanner.
- perangkat lunak menetap (firmware). contoh : yang biasa dipasang di jam tangan atau pengendali jarak jauh.
- perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
- perangkat lunak gratis (freeware)
- perangkat lunak ujicoba (shareware/trialware)
- perangkat lunak perusak (malware)

setelah kita mengetahui macam-macam perangkat lunak, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana semua sistem tersebut bekerja?
simple aja, sistem tersebur bisa bekerja dengan adanya komunikasi antar perangakatnya. tapi di posting kali ini saya tidak akan membahas bagaimana caranya komunikasi antar perangkat komputer. tapi saya akan membahas bagaimana caranya terjadi kominikasi antar agent (komunikasi antar komputer).

mungkin saya akan menjelaskan tentang konsep yang paling simple, yaitu tentang konsep UDP (user datagram protokol).

UDP adalah suatu protokol transport yang digunakan secara luas pada urutan kedua dari TCP (transport layer). UDP menggunakan port yang menyediakan konektifitas end to end, antara client dengan server.

UDP merupakan suatu konsep yang bisa gunakan untuk mengirimkan data tau pesan yang kapasitasnya tidak terlalu besar. misalnya kita akan membangun komunikasi dalam suatu gedung (misal : dari lantai 1 ke lantai 3), kita bisa memanfaatkan konsep UDP ini dengan membuat suatu text chat. nah text chat tersebut hanya membutuhkan satu server dan beberapa client. secara umum tugas mereka adalah hanya berkirim pesan. tapi secara khusus tugas-tugas mereka adalah sebagai berikut,

tugas server :
- start chat server
- melihat pesan dari semua client
- shurdown server

tugas client :
- login ke server chat
- mengirim pesan
- menerina pesan
- melihat user di chatroom
- logout

mungkin hanya ini yang bisa saya jelaskan dalan posting blog kali ini, semoga bermanfaat yaa :)

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Software

http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/pengertian-software.html

Tautanhttp://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi



by : Hardiyanti Amri ( 50407400 )

1 komentar:

  1. materi yang sangat bagus ... :)
    terima kasih telah membagi ilmunya

    BalasHapus